My Live

Monday, November 26, 2018

Proses Pembuattan Logo Teman







Hallo Sobat pembaca....
dengan saya Kojiro saat ini, aku akan bercerita tentang proses pembuattan Logo Channel
Youtube teman saya yang nama Channel Youtubenya adalah NYIEMMAK TV ( maaf broo kalau salah tulis ya )


kebetulan aku yang mendesain Logo tersebut, karena logo sebelumnya kurang enak di lihat
menurut saya. dikarenakan logonya terlihat seperti asal - asallan di buat, kayak pokoknya ada
Tulisan ini warna ini langsung bomm jadilah sebuah logo yang dipakai di Youtubenya. saya sebagai temannya 
tidak mungkin saya diam saja, melihat desain logo seperti itu. dan saya menawarkan pembuattan logo untuk 
Channel Youtubenya, dan dia meng iyakan pembuattan logo Channel Youtubenya kepada saya. beginilah proses
pembuattan logonya.

hanya mengingatkan, disini saya bercerita dan mungkin hanya sedikit menjelaskan saja. tapi bukan menjelaskan
seperti Pembuattan logo pada umumnya, jadi mohon maaf kalau banyak kata - kata yang belepottan nanti :v

1. Sketsa Logo
oke tahap awal tentu saja kita membuat Sketsa logo tersebut, di atas media kertas.
dan saya saat membuat sketsa tersebut berdasarkan logo lama dia, yang mana hanya bertuliskan NYK TV di tulis dengan huruf Latin atau berkelok - kelok. disini saya membuat 8 sketsa logo, dan saya menyeleksi menjadi 3, lalu saya bertanya kepada teman saya untuk memilih yang mana dari 3 tersebut. dan akhirnya menjadi 1 logo saja atau 1 sketsa.



Hayooo Yang Mana Logo Yang Di pilih Sama Teman Saya


2.Masuk Ke Digital ( Tahap Pembentukkan )
selanjutnya adalah tahap pembentukkan di digital, disini saya mengscan hasil pembuattan sketsa tadi,
dan mulai membentuk menggunakan Adobe Ilustrator. kenapa saya memilih Adobe Ilustrator, nanti akan saya
bahas di Artikel saya selanjutnya. yang pertama pasti membuat dokumen baru, dan membuat kanvas 3 atau 4.
tapi disini saya hanya membuat 3 saja, kenapa banyak padahal hanya 1 sketsa saja ? itu untuk tahap 
Colorring atau pewarnaan nanti, tidak mungkin teman saya tidak memilih warna untuk Logonya kan.

( masukkan image saat nge pen )



Oppsss saya sudah memberi bocoran warnannya


disini saya membuatnya sambil ngopi di warkop, sambil dengerrin musik dari Youtube. gilak gak tuhh, buka
Youtube cuman buat dengerrin musik aja. dan juga saya sambil sebus ( se bungkus ) alias ngerokok, jangan
ditiru yaa designer satu ini. karena masih banyak contoh - contoh lain yang lebih baik :D
( kenapa lu cerita in terussan )

3.Tahap Pewarnaan
selanjutnya adalah tahap pewarnaan. disini saya mungkin tidak bisa banyak berkata - kata, di karenakan
tahapnya hanya colorring saja. tinggal pilih warna apa, dan bommm jadi. untuk selanjutnya boom jadi.
yaa jadinya hanya memilih warna saja sihhh :v






tidak lupa juga saya sambil nyemil juga, dan pesan minum lagi :v namanya juga sambil nongkrong yaa.
tapi nongkrongnya saat saya berada di tahap 2 yaa, waktu tahap 1 saya membuatnya di rumah dan kabar - kabarran
via WA sama teman saya.

4.Penyesuai atau Pemilihan
tahap ini adalah tahap akhir dari pembuattan logonya, dan dia memilih yang warnanya seperti warna logo IG.
disini saya menambahkan bentuk kotak berwarna biru muda di belakang Tulisan NYK TV. kenapa di kasih begitu ?
mungkin akan saya Jelaskan Arti dari Logo Tersebut disini.










5.Arti Logo Teman saya
Arti Tulisan NYK bukan hanya kepanjangan dari NYIEMMMAK TV, melainkan NY di gabung yang berarti "Nonton
Yuk" yaitu mengajak anda untuk menonton video dan K yang berarti "Ke" lalu TV tulisan kecil di atas K itu
di maksud adalah Channel Youtube mereka. maksudnya adalah untuk "Nonton Yuk Ke Channel Youtubeku".

Untuk Warna kenapa seperti IG yang dipilih, dia memilih bukan berdasarkan warnanya yang bagus, melainkan 
ada arti juga di balik warna tersebut. ada Warna Merah, Ungu dan biru di logo itu, walaupun warna merahnya
tidak terlalu kelihattan. Warna Merah yang berarti "berani" , Ungu yang berarti "Dewasa" bukan janda lo ya :v
dan biru yang berarti "matang" merujuk kepada sifat dan sikap. jika di artikan keseluruhhan adalah
" berani bersikap dewasa " yaa walaupun yang memilih logo ini agak yaaa.... semoga aja Arti pesan dari logo
ini masuk ke pemikirrannya.

dan yang terakhir adalah kotak berwarna biru muda, sebenernya ini hanyalah sebuah hiasan tapi tidak
sekedar hiasa saja. kotak di ibaratkan sebagai wadah berkarya, dan warna biru muda sudah pasti artinya
adalah anak - anak muda. jadi artinya adalah "Wadah anak - anak muda untuk berkarya" yang anak - anak
muda yang dimaksud adalah mereka para Crew Channel NYIEMMAK TV.
Yaa walaupun mereka lebih yang seperti ini sihh :D


Gak ada Kotaknyaa T_T


sebagai tambahhan saya juga menyarankan bumper atau Opening logo untuk Youtubenya.
yaa mungkin cukup simple saja, yang penting tidak asal - asallan. tapi yaa setelah saya lihat ternyata..._- 
yaa begitulahh, tetap bagus walaupun tidak sesuai imajinasi saya sebelumnya :D


okelah sekian Cerita saya tentang pembuattan Logo Channel Youtube teman, walaupun saya hanya mendapat bayarran berupa kopi + es + rokok. tapi saya tetap senang karena saya bisa membagi ilmu dan pengalaman kepadanya, dan tidak lupa memberi support kepadanya agar dia tetap terus berkarya. dan meningkatkan lagi kualitas videonya, agar tidak yaaa... 
cobalah kalian tonton sendiri, dan jangan di dislike ya :D

See ya to NEXT ARTIKEL
by Kojiro Kun

4 comments:

  1. Thanks mas broo, ni sahabat kalau ngomong ceplas ceplos, menyakitkan tapi sebenernya di balik itu demi kebaikan sahabat" nya, god bless you, salam kangen dari sahabatmu di surabaya :) (Btw tulisane salah seng bener nyiemakontv)

    ReplyDelete